Sabtu, 28 April 2018

PRESENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

PRESENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KIMIA 
HASIL PENGEMBANGAN

Hasil gambar untuk MULTIMEDIA


Kesulitan belajar adalah suatu kondisi yang menimbulkan hambatan dalam proses belajar seseorang. Hambatan itu menyebabkan orang tersebut mengalami kegagalan atau setidak-tidaknya kurang berhasil dalam mencapai tujuan belajar. Dari pengertian kesulitan belajar di atas jelaslah bahwa salah satu hal yang bisa dijadikan kriteria untuk menentukan apakah seseorang mengalami kesulitan belajar adalah sampai sejauh mana ia terhambat dalam mencapai tujuan belajar.


Sesudah seorang siswa atau mahasiswa dipastikan mengalami kesulitan belajar, tindakan selanjutnyaadalah melakukan usaha mengatasi kesulitan belajar tersebut. Usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan belajar bukanlah suatu usaha yang sederhana. 


Jika ditanya kekurangan, saya mempunyai kekurangan di beberapa kondisi , adapun kekurangan saya antara lain :
  1. Kurang suka membaca tetapi senang mendengar
  2. Sering lupa waktu
  3. Suka membaca hal-hal yang berhubungan dengan kartun tetapi kurang suka membaca tulisan panjang
  4. Menghafal rumus dan mengerjakan soal
Dari kekurangan yang saya miliki, saya memilih aplikasi yang saya gunakan sebagai media untuk mengatasi kekurangan saya.  Adapun aplikasi yang saya gunakan antara lain :
  1. Comic Page Creator
  2. E-reader Prestigio
  3. Catatan Suara-Masuk Cepat Ide-Ide
  4. Smart Chemistry

1. COMIC PAGE CREATOR

Deskripsi :
Sederhana dan menyenangkan aplikasi untuk membuat bagus dan menyenangkan cerita.
Dengan aplikasi ini dapat :
}  Karakter kontrol tubuh dan gerak wajah
}  Jumlah panel kontrol dan karakter ukuran
}  Menyimpan dan berbagai kreasi komik



2. E-READER PRESTIGIO

Deskripsi :

Book Reader adalah multi lingual, multi format teks dan aplikasi membaca buku audio. Adapun keunggulan :
}  Desain sederhana
}  Perpustakaan dan file buku
}  Modus malam
}  Text-To-Speech


3. Catatan Suara-Masuk Cepat Ide-Ide


Deskripsi :

Catatan adalah tempat menulis ide dan pikiran terpenting kita. Dengan catatan suarat, kita dapat membuat catatan semakin cepat, kita cukup mengucapkannya pada mikrofon, lalu aplikasi akan mengenali perkataan kita.


4. Smart Chemistry

Deskripsi :

Kumpulan soal dan jawaban, tidak hanya jawaban tetapi juga penyelesaian lengkap dengan teori dan rumus. Dibuat juga latihan dengan soal pilihan berganda. Jika jawaban kita benar maka uraian jawaban akan ditampilkan.



Berikut saya membuat media yang sesuai dengan kekurangan saya, yaitu komik kimia dengan menggunakan aplikasi Comic Page Creator.


 

Adapun multimedia yang saya buat bisa dilihat di  link dibawah : 
https://youtu.be/UozJGefuSzE

Permasalahan :
1. Apakah ada apliksi yang teman-teman ketahui selain Comic Page Creator untuk menunjang saya dalam mengembangkan komik kimia ?
2. Menurut teman-teman apa yang kurang dan perlu saya lengkapi untuk media yang saya buat ?
3. Menurut teman-teman aplikasi lain yang dapat membaca dan mengeluarkan suara tanpa kita membacanya ?

11 komentar:

  1. Saya ingin mencoba menanggapi permasalah kedua saudari, menurut saya memang menyenangkan jika membaca komik dan sangat bagus jika kita bisa memasukan pembelajaran dalam bentuk komik namu kekurangannya adalah bagaimana jika materi yang disampaikan adalah materi yang kompleks. Dan mungkin lebih baik jika komik tersebut memiliki gambar yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan misalnya mengenai redoks dikomik saudari selain contoh dalam kehidupan sehari hari juga ditampilkan contoh reaksinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiklah terima kasih munik atas tanggapannya.Diisini saya ingin mengembangkan media komik tetapi bukan menerapkan meteri tetapi kembali lagi ke kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan kimia. kadang anak tahu materi tetapi tidak tahu pengaplikasiannya dikehidupan.

      Hapus
  2. Menanggapi permasalahan no.1, terkait permasalahan saudari, saran saya selain app yg anda gunakan aplikasi lain yaitu membuat sebuah komik menggunakan storyboard yang dapat diakses secara online.
    Adapun cara membuat story board ini antara lain:
    Buka google dan ketik storyboard atau dapa di klik https://www.storyboardthat.com/ ,
    Lalu Klik Create a Storyboard. 

    BalasHapus
  3. Baik saya akan menjawab permasalahan no 2
    kekurangan dari media komik yaitu akan mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan gambar tokoh sesuai dengan materi yang diplikasikan.
    maka dari itu harus mempunyai file gambar yang banyak dan sesuai dengan materinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sependapat dengan saudari, kelemahan dari komik dijadikan sebagai media pembelajaran sangat terbatas dikarenakan cakupan materi yang dibahas tertalu singkat dan sedikit dan tidak semua materi pembelajaran kimia dapat di muat dalam komik, seperti halnya persamaan reaksi atau dll. Tapi untuk materi konsep ilmiah sepertinya bisa dimuat dalam komik, akan tetapi untuk materi kimia penuh dengan perhitungan kurang cocok dibuat dalam komik.

      Hapus
  4. saya akan menjawab permasalahan sudari yang no 3. dimana aplikasi yang dapat anda gunakan yaitu terutama Buat kamu yang lagi nyantai dan pengen mendengar berita atau informasi di internet tanpa harus membacanya, kamu bisa meminta bantuan aplikasi SayIt ini. Aplikasi ini akan membacakan setiap teks yang kamu seleksi mulai dari artikel hingga sebuah halaman web sekalipun.

    BalasHapus
  5. Menanggapi permasalahan no.1, ada beberapa rekomendasi dari saya seperti
    Manga studio, adobe photoshop cc, sketchbook pro,Corel Painter dan masih banyak lgi. Bisa di cek di link ini http://tekno.10terbaik.com/2014/05/10-software-terbaik-untuk-membuat-komik.html?m=1

    BalasHapus
  6. Saya akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 1.
    Aplikasi komik selain dari anda gunakan adalah drawing tutorial,comicker,comicizie,comic puppets lite,comic& meme creator,rage comic maker,photo talks,comic page creator, dan comicsat

    BalasHapus
  7. baiklah disini saya akan menjawab permasalah no 1 dimana aplikasi lain yang digunakan untuk mebuat komik kimia ini bisa menggunakan aplikasi 3D fageflib untuk membuat komik yang menarik.

    BalasHapus
  8. Menjawab permasalahan pertama
    Bisa digunakan aplikasi storyboard seperti yg saya gunakan, paint, manga studio, photoshop, comic stip dan masih banyak lagi

    BalasHapus
  9. Saya akan menjawab pertanyaan no 1. pada aplikasi Comicize hasil buatan Graphicalize, kamu bisa membuat komik dari foto hasil jepretan kamu sendiri (seperti yang terlihat pada gambar di atas). Dengan aplikasi ini kamu bisa mengubah foto kamu menjadi karya seni komik yang mempunyai cerita.
    Berbagai fitur yang dihadirkan cukup lengkap seperti misalnya filter untuk foto agar mendapatkan efek kartun yang kuat sehingga bisa menciptakan kartun berkualitas tinggi dengan mudah. Karena tidak adanya iklan, sepertinya aplikasi ini digemari cukup banyak penggunanya.

    BalasHapus