Sabtu, 05 Mei 2018

PRESENTASI E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

PRESENTASI E-LEARNING KIMIA
HASIL PENGEMBANGAN
Hasil gambar untuk e-learning adalah

E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.Menurut Rosenberg (2001) karakteristik E-learning bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan informasi.



Manfaat E-learning menurut Pranoto, dkk (2009:309) adalah:

  1. Penggunaan E-learning untuk menunjang pelaksanaan  proses belajar dapat meningkatkan daya serap mahasiswa atas materi yang diajarkan.
  2. Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
  3. Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
  4. Meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa.
  5. Meningkatkan kualitas materi pendidik dan pelatihan.
  6. Meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, dimana dengan perangkat biasa sulit dilakukan.

KELEBIHAN E-LEARNING :
Kelebihan E-learning  ialah memberikan fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan, visualisasi melalui berbagai kelebihan dari masing-masing media (Sujana, 2005 : 253 ). Menurut L. Tjokro (2009:187), E-learning memiliki banyak kelebihan yaitu :
  1. Lebih mudah diserap, artinya menggunakan fasilitas multimedia berupa gambar, teks, animasi, suara, video. 
  2. Jauh lebih efektif dalam biaya, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu minimum audiensi, bisa dimana saja, bisa kapan saja, murah untuk diperbanyak.
  3. Jauh lebih ringkas, artinya tidak banyak formalitas kelas, langsung pada pokok bahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.
  4. Tersedia 24 jam/hari – 7 hari/minggu, artinya penguaasaan materi tergantung pada semangat dan daya serap siswa, bisa dimonitor, bisa diuji dengan e-test.

KEKURANGAN E-LEARNING :

Kekurangan E-learning menurut L. Gavrilova (2006:354) adalah pembelajaran dengan model E-learning membutuhkan peralatan tambahan yang lebih (seperti komputer, monitor, keyboard, dsb). Kekurangan E-learning yang diuraikan oleh Nursalam (2008:140) sebagai berikut :

  1. Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri.
  2. Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya membuat tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
  3. Proses belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan. 
  4. Berubahnya peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT (information, communication, dan technology).
  5. Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
  6. Kurangnya sumber daya manusia yang menguasai internet.
  7. Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
  8. Akses pada komputer yang memadai dapat menjadi masalah tersendiri bagi peserta didik. 
  9. Peserta didik bisa frustasi jika mereka tidak bisa mengakses grafik, gambar, dan video karena peralatan yang tidak memadai.
  10. Tersedianya infrastruktur yang bisa dipenuhi.
  11. Informasi dapat bervariasi dalam kualitas dan akurasi sehingga penduan dan fitur pertanyaan diperlukan.
  12. Peserta didik dapat merasa terisolasi.

Pembelajaran e-learning yang saya lakukan yaitu dengan menggunakan aplikasi line. disini Line membantu untuk menyediakan suatu grup yang didalam grup tersebut kita bisa video call secara bersamaan yang terdiri dari 5-6 orang. Saya memanfaatkan media tersebut untuk sharing dan memberikan suatu pengetahuan.

Hasil gambar untuk line


Adapun materi yang saya ajarkan mengenai termokimia. Termokimia adalah ilmu yang mempelajari reaksi kimia dan perubahan energi yang terlibat. Dalam mempelajari termokimia, diperlukan definisi “sistem” dan “lingkungan”. Sistem adalah segala sesuatu yang menjadi fokus perhatian kita. Lingkungan adalah segala sesuatu selain sistem.Hukum pertama termodinamika menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan. Implikasi hukum ini pada energi dalam sistem, yaitu perubahan energi dalam, ΔE sama dengan penjumlahan kalor (q) yang diserap atau dilepas sistem dengan kerja (w) yang dilakukan atau diterima sistem.


Tujuan Dari Pembelajaran :

  • Dapat Mengetahui Perubahan energi yang menyertai reaksi kimia
  • Dapat Mengetahui Reaksi kimia yang berlangsung secara spontan
  • Dapat Mengetahui Reaksi kimia dalam kedudukan kesetimbangan.



Untuk materi lengkapnya bisa dilihat pada video yang telah saya upload di youtube : https://youtu.be/FD1lpR2Pa-E

PERMASALAHAN :
1. Bagaimana kita bisa mengevaluasi siswa kita dari pembelajaran e-learning yang kita ketahui          dilakuakan tanpa ada tatap muka ?
2. Apakah aplikasi yang saya gunakan sudah tepat didalam memberikan pembelajaran e-learning      kepada siswa ?
3. Bagaimana tanggapan ataupun pendapat mengenai e-learning yang telah saya buat ?

10 komentar:

  1. Saya ingin mencoba menanggapi permasalah pertama sau dari, jika dilihat dari E-Learning yang saudari kembangkan maka evaluasi bisa diadakan secara video call yang seperti saudari lakukan, setelah itu kita juga bisa memberikan siswa tugas lalu memintanya untuk mengirimkan kepada kita bisa dilakukan di saat terjadi tatap muka atau bisa melalui email.
    Selain itu ketika pembelajaran terjadi secara tatap muka langsung maka kita bisa mengevaluasi ulang dengan cara memberikan kuis kepada para siswa.

    BalasHapus
  2. saya ingin menanggapi pertanyaan saudari nomor 3 dimana bagaimana pendapat saya mengenai e-learning saudari buat. Menurut saya penggunaan e-learning yang saudari buat sudah cukup baik meskipun masih terkendala pada jaringan internet dan suara komentator yang seperti kaset kusut

    BalasHapus
  3. Baiklah disini saya akan menjawab nomor 1, kita dapat mengevaluasi pembelajaran dengan cara melihat jawaban2 siswa atas pertanyaan yang dibuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. menanggapi permasalahan nomor 1, cara kita bisa mengevaluasi siswa kita dari pembelajaran e-learning yang kita ketahui dilakuakan tanpa ada tatap muka. saya sependapat dengan novia. namun melalui e-leaning yang kamu lakukan dalam video, kamu dapat menilai siswa kamu dari gerak geriknya, apakah dia paham dengan materi yang telah diberikan/malah sebaliknya. Jangan lupa untuk menilai tugas akhir yang kamu berikan kepada siswa.

      Hapus
  4. Jawaban permasalahan nomor 3
    Menurut saya e learning yg anda buat sudah memenuhi syarat baik dari segi tujuan, materi, tugas maupun evaluasi. Namun mungkin terdapat kendala bagi siswa yg tinggal di daerah yg sulit terjangkau sinyal untuk melakukan video call

    BalasHapus
  5. Saya akan menjawab pertanyaan no 1, dimana kita dapat memberikan soal bentuk word, video atau foto kemudian kita berikan kepada siswa kita atau kita masukkan ke dalam grup yang telah kita buat. Kemudian diberikan waktu kepada siswa untuk menjawab. Setelah siwa memberi jawaban maka guru menilai sejauh mana pemahaman mereka kemudian disini lah guru memberikan penilaian sebagai bentuk evaluasi.

    BalasHapus
  6. saya akan menjawab permasalahan nomor 1.
    kita dapat mengevaluasi siswa tanpa tatap muka dalam e-learning yaitu dengan cara memberikan tugas atau ujian yang dapat dikerjakan siswa setelah pemeblajaran. Dengan tambahan diberikan batas waktu untuk pengumpulan tugas atau ujian tersebut. sehingga kita dapat mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa.

    BalasHapus
  7. saya akan menjawab permasalahan nomor 1.
    kita dapat mengevaluasi siswa tanpa tatap muka dalam e-learning yaitu dengan cara memberikan tugas atau ujian yang dapat dikerjakan siswa setelah pemeblajaran. Dengan tambahan diberikan batas waktu untuk pengumpulan tugas atau ujian tersebut. sehingga kita dapat mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa.

    BalasHapus
  8. saya akan menanggapi permasalahan no 3.
    dimana e learning yang telah anda buat itu sudah baik diterapkan karena anda melakukannya lansung secara live. saran saya terhadap e learning yang anda buat yaitu tujuan pembelajaran harusnya diawal anda sampaikan terlebih dahulu, kemudian anda harus melampirkan tugas yang akan dikerjakan siswa dirumah yang nantinya akan di upload melalui e learning.

    BalasHapus
  9. saya akan menanggapi pertanyaan dari saudara dimana Bagaimana tanggapan ataupun pendapat mengenai e-learning yang telah saya buat ?
    menurut saya pembelajaran yang anda gunakan sudah cukup bagus dimana anda mencantumkan tujuan pembelajaran dan dilakukan evaluasi dalam proses pembelajaran, sehingga kegiatan yang anda lakukan merupakan kegiatan E-learning

    BalasHapus